Tips Meminjamkan Buku Agar Bukumu Kembali

Tips Meminjamkan Buku Agar Bukumu Kembali

Memiliki banyak teman merupakan dambaan setiap orang. Namun, akan berbeda jika berhubungan dengan urusan pinjam-meminjam, tak terkecuali dengan buku. Tidak jarang ada yang sampai bertengkar dengan temannya sendiri gara-gara masalah pinjam meminjam buku. Karena pertengkaran ini, Si Peminjam akan hilang dari peredaran dan tak bertemu lagi.

Ada juga kejadian, si pemilik buku lupa bukunya ada di mana. Kepada siapa dipinjamkan dan apakah sudah dikembalikan atau belum. Pun dengan peminjam yang tak kunjung mengembalikan dan merasa buku tersebut sudah menjadi hak milik. Padahal, buku tersebut teramat penting, terutama buku-buku langka yang mencarinya butuh perjuangan.

Bagi kamu yang sering meminjamkan buku, Kurasika punya tips agar bukumu bisa segera dikembalikan oleh peminjam dan pastinya kamu tidak lupa siapa yang meminjam bukumu.

Mulailah dari Mendata Buku-Buku yang Kamu Punya

Mulailah mendata bukumu via unsplash.com

Sebelum melangkah ke tips, ada baiknya kamu mendata semua bukumu. Data ini akan berguna untuk mengetahui jumlah dan buku apa saja yang kamu punya, apalagi bagi kamu si pecinta buku yang memiliki ratusan atau bahkan ribuan buku. Catat buku apa saja yang kamu punya beserta nama pengarang, penerbit, dan tahun. Jangan lupa beri caps dan kode buku pribadi layaknya buku di perpustakaan.

Terakhir adalah pilah bukumu. Buku mana yang masih akan kamu baca, pinjamkan, dan sumbangkan kepada yang berhak. Daripada tersudut di rak dan dimakan rayap yang menyebalkan.

Jangan Biarkan Kamu Meminjamkan Buku Tanpa ada List Daftar Peminjaman

Daftar list peminjam via Unsplash

Tips ini penting bagi kamu yang sering lupa kepada siapa bukumu dipinjamkan. Bukannya tak percaya kepada teman, tapi catatan ini akan berguna jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan buku yang dipinjam dan tak usah pusing mencarinya.

Caranya mudah, lanjutkan data buku yang telah dibuat sebelumnya. Beri nama peminjam dan sepakati kapan buku dikembalikan. Kalau perlu, tanda tangan teman yang meminjam pun perlu dicantumkan sebagai bukti kalau sewaktu-waktu si teman mengelak.

Pastikan ada Kesepakatan Dengan Temanmu

Buatlah kesepakatan via pexels.com

Bagi sebagian orang, buku adalah harta terbesar. Terlebih dengan buku-buku langka yang sangat susah dicari. Pas ketemu bukunya mahal. Tentunya kamu enggak ingin jika bukumu rusak apalagi hilang. Jika ini terjadi, bukan gak mungkin perang antarteman akan terjadi.

Sebab itu, buatlah kesepakatan sederhana. Misal, jangan meminjamkan buku ke orang lain, jaga bukumu dengan tips yang biasa kamu pakai, dan terakhir win-win solution jika buku tersebut hilang atau rusak.

Kasih Quotes yang Bisa Mengingatkan si Peminjam

Kehilangan buku via unsplash.com

Bagian ini enggak kalah penting. Kadang ada teman yang lupa, ada juga yang merasa bahwa atas nama pertemanan buku yang dipinjam menjadi hak milik. Teman macam ini pastinya butuh pengingatan yang tegas.

So, tulis quotes penting di bagian akhir. Misal “Sudah selesai? Kembalikan kepada yang punya sebab jika tak dikembalikan, buku ini akan jadi penghambatmu masuk surga.” Atau”
Jika mengembalikan buku saja tak bisa, jangan harap kamu bisa mengubah dunia.” Melihat kalimat ini, biasanya teman akan segan meminjam buku.

Jangan Segan

Jangan sungkan untuk menagih via unsplash.com

Poin terakhir sebenarnya gampang-gampang susah. Kebanyakan dari kita merasa gak enak untuk menagih. Takut dibilang hitung-hitungan, padahal dalam hati gregetan sendiri melihat buku yang enggak dikembalikan. Sesekali atau beberapa kali kamu wajib mengingatkan teman. Jangan segan apalagi takut pertemanan putus karena mengingatkan. Bagaimapun buku juga termasuk teman setia yang tak pernah berdusta.

Itulah tips yang Kurasikan bisa berikan. Bukan perihal pelit dan hitungan-hitungan dengan teman. Tips ini menghindari diri kita dari kepusingan, kerugian materil, dan tentunya menjaga pertemanan. Jangan hanya karena persoalan pinjam meminjam buku, pertemananmu hancur.

Baca yang Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply