Pengen Suka Baca tapi Bingung Gimana? Coba 5 Langkah Ini

Pengen Suka Baca tapi Bingung Gimana? Coba 5 Langkah Ini

Hatta, bapak bangsa kita, pernah berujar kalimat yang terus diingat sampai sekarang,  “Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas”. Ya, membaca buat para pecintanya memang bukan sekadar hobi atau sebatas pengisi waktu luang. Lebih dari itu, membaca sudah menjadi kebutuhan yang sulit ditinggalkan.

Ada segudang manfaat dari membaca yang sayang banget kalau dilewatkan begitu saja. Dengan membaca, kita berarti tengah melawan kedangkalan pikiran sekaligus mengasah diri untuk berpikir kritis. Selain itu, tentu saja membaca dapat memperluas wawasan dan pengetahuan, juga bisa mengurangi stress.

Sayangnya, survey terbaru dari Central Connecticut State University tentang “Most Littered Nation in the World” menunjukkan Indonesia berada di peringkat kedua terbawah dari 61 negara. Ini berarti, minat baca secara umum di negara kita tercinta masih rendah, bahkan memprihatinkan.

Nah, buat kalian yang sedang menggerakkan hati untuk mulai menumbuhkan kebiasaan membaca tapi bingung harus ngapain, yuk simak beberapa langkah ini.

Mulai dari jenis buku yang disukai

Mulai dari yang disukai via unsplash.com

Tak usah memaksakan diri membaca buku-buku tebal tentang hukum, jika memang belum punya passion di bidang ini. Atau melahap buku filsafat- yang berat- untuk mendapatkan label “keren” dari teman atau kerabat. Mulailah dari jenis buku yang kamu sukai. Kalau kamu suka membaca komik, ya mulailah membaca komik dengan tekun. Jika mau mulai dari buku resep masakan, then just go with it!

Tentukan Waktu Khusus

Atur waktu khusus via unsplash.com

Jangan tunggu waktu kosong, selamanya waktu kosong hanya sebatas pepesan kosong. Bagi kamu yang baru mulai membangun kebiasaan membaca, waktu yang dialokasikan secara khusus akan sangat membatu meningkatkan jam terbang membacamu. Kamu paling tahu kapan saat paling pas untuk jadwal membaca harianmu, misalkan sebelum tidur atau pagi hari sebelum memulai aktivitas. Terkait waktu ini, kamu juga bisa membuat target membaca harian. Misalnya minimal satu jam membaca di malam hari, atau minimal membaca 20 lembar per hari. Gimana, siap?

Pilih Tempat yang Nyaman

Cari spot yang nyaman via unsplash.com

Selain waktu, tempat yang nyaman juga penting biar kamu makin betah membaca. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terkait tempat ya, seperti pencahayaan yang memadai, posisi duduk yang rileks, juga – kalau bisa- tempat yang jauh dari suara bising. Menikmati weekend dengan membaca di taman kota atau kafe kesayangan sambil menyerutup segelas kopi sepertinya menarik ya J

Temukan Partner yang saling memotivasi

Temukan partner yang bikin kamu semangat untuk memulai via unsplash.com

Kedengarannya “nggak banget” ya, but it works! Percaya deh, dengan nemuin partner yang saling support buat membaca dan diskusi berbagai hal tentang dunia literasi, motivasi baca kamu juga pasti menguat. Partner nggak harus pacar ya, bisa jadi sahabat, saudara atau rekan kerja. Asyik dong, bisa nemuin pasangan se-visi yang bisa diajak diskusi.

Jangan lupa apresiasi diri

Apresiasi diri agar membaca jadi menyenangkan via unsplash.com

Last but not least, Apresiasi diri. Ketika kebiasaan membacamu sudah mulai terbangun, jangan ragu memberikan apresiasi untuk dirimu sendiri. Mudah kok untuk memberikan apresiasi. Bisa jadi kamu membeli buku baru sebagai bentuk penghargaan diri, atau makan di warung ayam geprek favorit usai menyelesaikan satu buku. Hmmm sounds great, isn’t it?

Masih bingung juga mulai dari mana?  Well, mulai dari buka bukumu sekarang juga.

Baca yang Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply